Cara Simpel Dan Praktis Memanggang Daging Babi

Cara Simpel Dan Praktis Memanggang Daging Babi

Cara Simpel Dan Praktis Memanggang Daging Babi

Memanggang adalah salah satu cara memasak daging menggunakan panas kering secara langsung di atas bara. Memanggang yang di maksud adalah memanggang secara sederhana yang biasa dilakukan orang pada umumnya. Memanggang merupakan cara yang baik untuk membentuk kulit yang renyah dan gurih pada daging babi. Potongan daging babi yang tebal memerlukan waktu pemanggangan yang lebih lama dan suhu yang lebih rendah. Bahan bakar pemanggang yang paling umum adalah menggunakan bahan bakar arang dan gas, dan berikut ini langkah atau cara memanggang daging babi.

Cara memanggang daging babi:
1. Panaskan Pemanggang
 

Langkah pertama adalah jika Anda menggunakan pemanggang arang, nyalakan terlebih dahulu arangnya. Sambil menunggu siapkan potongan daging babi pada nampan atau wadah lain. Pemanggang gas juga dapat di gunakan, pemanggang gas lebih cepat mencapai suhu pemanasan yang diinginkan dibandingkan pemanggang arang. Cita rasa yang dihasilkan pada daging panggangannya cenderung berbeda. Sebagian orang menyukai cita rasa yang dihasilkan dari pemanggang arang, dan sebagian orang lebih menyukai menggunakan pemanggang gas

2. Letakkan Potongan Daging Diatas Loyang Pemanggang
 

Untuk mencegah daging lengket pada pemanggang, olesi batangan pemanggang dengan minyak yang memiliki titik asap tinggi, seperti minyak zaitun atau minyak biji anggur dengan menggunakan kuas atau apalah terserah Anda. Aturlah letak potongan daging babi di atas pemanggang dengan penjepit agar tidak saling bersentuhan satu sama lain. Hindari kontaminasi silang, yaitu jangan memakai alat-alat yang sudah digunakan untuk mengolah daging babi untuk mengolah bahan lain tanpa mencucinya terlebih dahulu.

3. Mulai Memanggang Dengan Suhu Rendah


Daging yang dibakar dengan cepat diketahui memiliki kemampuan yang lebih rendah untuk mempertahankan cita rasa dibandingkan daging yang dimasak secara bertahap. Untuk pemanggang arang, mulailah dengan menyusun potongan daging babi di bagian tepi pemanggang, yang biasanya bersuhu lebih rendah daripada bagian tengahnya. Untuk pemanggang gas, gunakan suhu panas sedang. Kerak pada daging akan terbentuk pada akhir proses pemasakan. Balikkan potongan daging babi setiap selang beberapa menit, yang bertujuan agar daging masak secara menyeluruh dan kerak terbentuk dengan merata.

4. 
Panggang Daging Dengan Teliti

Jaga pemanggang agar tetap dalam keadaan panas yang stabil untuk mempercepat proses pemasakan. Irisan tipis daging babi hanya memerlukan waktu 4 sampai 5 menit untuk masak hingga matang pada pemanggang, sementara potongan daging yang lebih besar memerlukan waktu lebih lama dan suhu pemanasan yang lebih rendah. Daging babi yang matang harus memiliki kekenyalan yang seragam saat disentuh dengan bagian luar yang berwarna kecokelatan. Bagian dalam yang berwarna cenderung putih, sedangkan sarinya berwarna jernih atau coklat, tidak merah atau merah muda. Jika Anda kurang yakin, gunakanlah termometer daging. Lembaga USDA merekomendasikan suhu internal sekitar 70°C untuk daging babi, meskipun demikian banyak orang memilih untuk memasak daging babi pada suhu 70°C untuk menghasilkan hidangan yang lebih juicy.

5.
Panggang Daging Hingga Matang

Sebelum diangkat dari pemanggang, pastikan kerak yang renyah dan lezat sudah terbentuk pada permukaannya. Pada pemanggang arang, pindahkan daging babi ke bagian pemanggang dengan suhu paling tinggi, biasanya di bagian tengah. Pada pemanggang gas, cukup ubah pengaturannya ke suhu panas tinggi. Masak daging dengan kondisi ini selama kurang dari satu menit untuk setiap sisinya untuk menghindari daging menjadi kering atau hangus. Proses kimia yang menghasilkan kerak panggang penuh cita rasa disebut sebagai reaksi Maillard. Membakar sebagian sisi luar dari sepotong daging akan menyebabkan asam amino yang terdapat pada daging bereaksi dengan gula untuk membentuk komponen perisa. Proses ini menghasilkan kerak yang lezat pada daging.

6. Diamkan Daging Sejenak
 

Pindahkan daging babi yang sudah matang dari pemanggang wadah yang bersih, biarkan daging selama lima sampai sepuluh menit. Siapkan hidangan pendamping atau sentuhan akhir lainnya pada penataan meja Anda. Mendiamkan daging beberapa saat memiliki dua tujuan, yaitu proses pemasakan akan berlanjut pada hampir semua potongan daging setelah diangkat dari pemanggang dan yang kedua adalah proses ini memberikan waktu agar daging bisa menyerap kembali kelembapan yang hilang selama proses pemasakan. Saat sepotong daging menjadi matang, potongan daging tersebut menciut dan membentuk ikatan yang semakin erat di tingkat molekuler sehingga kelembapan terdesak keluar dari daging. 

7. Bumbui Dan Sajikan
 

Setelah daging didiamkan dan menyerap kembali sebagian kelembapannya, daging siap disantap, beri bumbu favorit Anda dan segera sajikan. Daging babi panggang sangat cocok disajikan dengan makanan kaya zat pati seperti kentang atau hidangan sampingan seperti coleslaw (salad berisi kubis mentah dengan saus cuka). 
Baca juga: Manfaat dan khasiat daging babi untuk kesehatan.

Demikian cara simpel dan praktis memanggang daging babi yang bisa kami bagikan untuk anda, terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.
Cara Simpel Dan Praktis Memanggang Daging Babi Cara Simpel Dan Praktis Memanggang Daging Babi Reviewed by Admin on Sabtu, November 17, 2018 Rating: 5