Manfaat Dan Kandungan Dalam Daging Babi

Manfaat Dan Kandungan Dalam Daging Babi
 

Manfaat Dan Kandungan Dalam Daging Babi

Adapun manfaat dan kandungan dalam daging babi adalah:
1. Kandungan Energi
Daging babi yang dibudidayakan atau diternak memiliki kandungan energi yang sangat tinggi. Hal ini karena kandungan
dalam lemak daging babi yang tergolong tinggi, yaitu dalam 100 gram daging babi ternak terkandung 457 kkal.

Manfaat daging babi:
Memberikan tenaga untuk beraktivitas.
Menjaga daya tahan tubuh.
Mencegah terjadinya kelelahan.
Meningkatkan fokus dalam melakukan aktivitas. 


Anda juga dapat mencoba mengkonsumsi daging babi hutan alias celeng. Daging babi celeng ini memiliki kandungan energi yang lebih sedikit dibandingkan babi ternak, yaitu sekitar 376 kkal per 100 gr daging nya.

2. Protein Tinggi
Daging babi juga memiliki keunggulan yang sama seperti manfaat daging kambing pada umumnya, dan beberapa jenis daging merah lainnya. Daging babi memiliki kandungan protein yang tinggi. Dalam 100 gram daging babi mengandung 11.9 gram protein yang sangat baik dan bermanfaat bagi tubuh.

Manfaat p
rotein daging babi bagi tubuh:
Membentuk masa otot.
Menjaga kekuatan dan ketahanan tubuh.
Mengikat lemak.

Babi liar ( celeng ) juga memiliki kandungan protein yang sedikit lebih tinggi dibandingkan daging babi ternak biasa, yaitu sekitar 14.1 gr protein per 100 gram dagingnya.

Perlu diperhatikan walaupun kandungan protein pada daging babi tergolong tinggi, namun daging babi / baik celeng maupun daging babi ternak memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi. Untuk itu dianjurkan untuk tidak mengkonsumsinya berlebihan, karena dapat menyebabkan kegemukan.

3. Kalsium
Daging babi baik itu daging babi yang diternakkan maupun daging babi liar, memiliki kandungan manfaat kalsium yang cukup tinggi. Dalam 100 gr daging babi ternak memiliki kandungan kalsium sebanyak 7 mg, sedangkan dalam 100 gram daging babi celeng memiliki kandungan kalsium sebanyak 8 mg.

Kalsium yang terkandung dalam daging babi berguna untuk:
Menjaga kesehatan tulang.
Mencegah osteoporosis.
Meninggikan badan terutama dalam masa pertumbuhan.

4. Fosfor
Dalam 100 gram daging babi ternak memiliki kandungan fosfor sebanyak 117 mg dan dalam 100 gram daging celeng / babi hutan memiliki kandungan fosfor yang lebih banyak, yaitu sekitar 151 mg fosfor.

Fosfor dapat memiliki manfaat bagi tubuh, yaitu:
Pencegah osteoporosis.
Menjaga kesehatan tulang dan gigi.
Memperkuat tulang.

5. Mencegah Anemia
Sama seperti jenis daging merah lainnya, manfaat daging babi juga memiliki kemampuan untuk mencegah anemia. Daging merah seperti babi, sapi dan kambing mengandung selenium yang sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia alias kekurangan darah.

6. Zat Besi
Daging babi juga memiliki kandungan zat besi yang baik untuk kesehatan tubuh. Walaupun tidak terlalu tinggi kandungan zat besinya, namun paling tidak manfaat zat besi yang terkandung pada daging babi baik itu babi peliharaan maupun babi hutan sangat bermanfaat.

Manfaat zat besi daging babi bagi tubuh, yakni:
Membantu produksi sel darah merah.
Mencegah anemia.
Mempercepat peyembuhan luka.

Dalam 100 gram daging babi ternak mengandung zat besi sebanyak 2 mg, begitu jug dengan daging babi hutan yang memiliki kandungan zat besi yang sama.

7. Bahan Penambah Rasa Pada Makanan
Daging babi yang digoreng akan menghasilkan jenis minyak, yang sering kita sebut dengan minyak babi. Minyak babi yang dihasilkan oleh daging babi ini konon memiliki cita rasa yang nikmat dan lezat ketika menjadi salah satu bahan untuk menumis ataupun dimasukkan ke dalam suatu masakan. Hal ini seperti menggunakan manfaat minyak sayur untuk menggoreng makanan. 

Baca juga: Tips memilih daging babi yang baik dan sehat.

Demikian manfaat dan kandungan dalam daging babi yang bisa kami berikan, terimakasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat. 
Manfaat Dan Kandungan Dalam Daging Babi Manfaat Dan Kandungan Dalam Daging Babi Reviewed by Admin on Senin, November 12, 2018 Rating: 5