Tips Memilih Daging Babi Yang Baik dan Sehat

Tips Memilih Daging Babi Yang Baik dan Sehat

Untuk mendapatkan daging babi yang baik dan sehat, sebagian orang malah kebingungan. Hal ini disebabkan karena ketidak tahuannya dalam memilih daging yang baik dan segar. Untuk melakukan penyelidikan serius terkait pemilihan daging yang baik dan segar sendiri relatif sulit. Berikut ini tips sederhana untuk memilih daging babi yang baik dan sehat.

Tips memilih daging babi yang baik dan sehat:
 

1. Warna daging
Warna daging adalah salah satu kriteria penilaian mutu daging yang dapat dinilai langsung. Warna daging ditentukan oleh kandungan dan keadaan pigmen daging yang disebut mioglobin.
Kandungan dan keadaan pigmen daging dipengaruhi oleh jenis hewan, umur hewan, pakan, aktivitas otot, penanganan daging dan reaksi-reaksi kimiawi yang terjadi di dalam daging. Warna daging babi segar yang baik adalah warna keabuan.


2. Kondisi permukaan daging
Daging segar memiliki permukaan daging yang lembab, tidak basah, tidak kering dan tidak ada lendir. Daging yang bermutu juga ditandai dengan permukaan daging yang bersih, bebas dari kotoran-kotoran yang nampak oleh mata. Daging yang kotor akan mudah rusak atau busuk.

3. Bau daging
Bau daging dipengaruhi oleh jenis hewan, pakan, umur daging, jenis kelamin, lemak, lama dan kondisi penyimpanan. Bau daging dari hewan yang tua relatif lebih kuat dibandingkan hewan muda, demikian juga daging dari hewan jantan memiliki bau yang lebih kuat daripada hewan betina.

4. Suhu penyimpanan daging
Setelah proses pemotongan, agar daging disimpan pada suhu dingin (<4>oC) untuk mempertahankan mutu daging serta untuk mencegah atau menghambat pertumbuhan dan perkembang-biakan kuman. Daging yang disimpan pada suhu 0-2 oC dapat bertahan selama 2-3 hari (daging dikemas). Untuk daging giling yang disimpan pada suhu 0-4 oC akan bertahan sampai 12 jam. Apabila daging dijual tanpa pendingin (suhu ruang di Indonesia sekitar 27-32 oC), sebaiknya daging tersebut disimpan atau dibiarkan tanpa pendinginan tidak lebih dari 6 jam. Jika daging dibiarkan lebih dari 6 jam tanpa pendingin, maka jumlah kuman pada daging tersebut telah melewati batas yang diperbolehkan. 

Baca juga: Cara simpel dan praktis memanggang daging babi.

Demikian artikel tips memilih daging babi yang baik dan sehat yang bisa kami bagikan untuk anda, terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.
Tips Memilih Daging Babi Yang Baik dan Sehat Tips Memilih Daging Babi Yang Baik dan Sehat Reviewed by Admin on Minggu, November 18, 2018 Rating: 5