Resiko Makan Daging Babi Yang Harus Di Waspadai

Resiko Makan Daging Babi Yang Harus Di Waspadai


Resiko Makan Daging Babi Yang Harus Di Waspadai

Artikel ini bertujuan supaya Anda terhindar dari segala penyakit dan resiko lainnya yang mungkin dapat merugikan Anda. Untuk itu Anda diharapkan
 lebih wapada dan berhati-hati di dalam memilih daging babi yang aman untuk di komsumsi. 
Sebenarnya bukan hanya mengkomsumsi daging babi saja yang punya resiko yang harus di waspadai, termasuk semua daging komsumsi lainnya juga akan memberi pengaruh yang buruk apabila kebersihan dan kesehatannya tidak terjaga dengan baik.

Daging babi merupakan daging yang diperoleh dari hasil peternakan babi, sama seperti halnya dengan peternakan ayam, sapi, kambing, dan juga hewan lainnya yang biasa diternakkan. Berbeda dengan celeng, daging celeng merupakan daging babi liar atau disebut juga dengan babi hutan. Daging babi termasuk kategori makanan yang paling banyak diolah di seluruh dunia, oleh karena daging babi memiliki nutrisi kandungan gizi yang tinggi dan rasanya yang lezat. 


Cara Menghindari Resiko Makan Daging Babi Yang Harus di Waspadai

Perhatikan beberapa hal ini sebelum mengolah daging babi agar tetap aman bagi tubuh, yaitu:
1. Pilih daging babi segar, bukan
daging babi olahan yang sudah dikemas di pabrik.
2. Saat memasak daging babi pastikan suhu mencapai suhu yang tepat, untuk dapat membunuh bakteri berbahaya, yaitu memasak sampai suhu paling tidak 71 derajat celsius.
3. Pisahkan daging babi dengan makanan mentah lainnya untuk menghindari kontaminasi.
4. Cuci tangan Anda dengan sabun dan air yang mengalir setelah memegang daging babi.
5. Pilih daging babi yang diternak tanpa menggunakan obat-obatan, yaitu dengan membeli babi organik bersertifikat, dari babi yang dibesarkan tanpa antibiotik atau ractopamine.



Resiko Makan Daging Babi Yang Harus Di Waspadai
 
Ada beberapa kemungkinan resiko makan daging babi, yang mungkin muncul bila Anda tidak teliti dan tidak hati-hati saat memilih kemudian mengkonsumsinya. Apa saja resiko makan daging babi yang harus diwaspadai? Perhatikan hal-hal ini sebelum makan daging babi, ada beberapa resiko yang perlu Anda waspadai sebelum makan daging babi, antara lain:

1. Resiko kanker dari daging babi kemasan
Periset menemukan bahwa mengkonsumsi dalam jumlah besar daging babi olahan kemasan setiap hari secara rutin, memungkinkan meningkatkan resiko kanker kolorektal. Daging babi olahan kemasan yang di maksud adalah seperti sosis.

2. Hepatitis E
 
Anda yang kurang bersih ketika mengolah dan memasak daging babi lebih rentan terinfeksi virus hepatitis E. Produk daging babi yaitu di bagian hati babi kemungkinannya membawa virus hepatitis E, untuk itu Anda harus memperhatikan kebersihannya.

3. Cacingan
Makan daging babi mentah atau belum di masak yang sudah terkontaminasi larva cacing trichinella bisa menyebabkan cacingan atau penyakit trikinosis. Anda mungkin mengalami sakit perut, diare, kelelahan, mual dan muntah. 


Kesimpulannya adalah anda harus lebih mengutamakan kebersihan dan kesehatan daging babi yang akan di komsumsi, dan mengikuti tata cara memasak daging babi yang baik dan benar. Jangan mudah percaya dengan rumor dan mitos yang beredar di kalangan masyarakat yang tidak bisa di pertanggung jawabkan kebenarannya. 
Baca juga: Resep sop kaki babi dan cara memasak gulai daging babi sederhana.

Demikian artikel resiko makan daging babi yang harus di waspadai, terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.
Resiko Makan Daging Babi Yang Harus Di Waspadai Resiko Makan Daging Babi Yang Harus Di Waspadai Reviewed by Admin on Rabu, November 21, 2018 Rating: 5